Processor Terbaru Buatan Intel Core i7

intel belum lama ini mengeluarkan processor terbarunya yaitu core i7. Apakah anda sudah mendengar procie intel dengan seri awalan "i"? karena memang ini merupakan seri procie buatan intel terbaru, dari segi performa memang ini sangat jauh dibandingkan dibandingkan intel core 2 quad
Walaupun ditilik dari harganya memang i7 jauh lebih mahal dibanding core 2 quad, contohnya saja Intel Core i7 Extreme 965 seharga $999. memang gila gilaan dari segi harganya, tapi ini berbanding lurus dengan performa yang ditawarkan oleh  intel.
Dengan dilengkapi core 4 dan clockspeed 3.2 GHz yang masih bisa di overclock hingga 4.0 ghz ++ (jika mau menanggung resiko cepat rusak procienya), cache 8 mb dan FSB atau  Front Side Bus  sebesar 3200 mhz (rata rata processor standar hanya maksimal 1333mhz) kebayang gak tuh performanya???. 
Namun seperti yang sudah dikatakan diatas, belum banyak motherboard yang support processor ini. Pilihannya sekarang memang masih terbatas pada motherboard dengan chipset Intel X58 (dengan ICH10 southbridge) dan memori DDR3. Harga keduanya pun belum murah. untuk lebih jelasnya silakan liat daftar berikut ini:
Processor Name cores clockspeed cache FSB TDP Harga
Intel Core i7 Extreme 965    4    3.2 Ghz 8 Mb 3200 Mhz 150 Watt  $999
Intel Core i7 940    4   2.93 Ghz 8 Mb 2400 Mhz 130 Watt  $562
Intel Core i7 920    4   2.66 Ghz 8 Mb 2400 Mhz 130 Watt  $284
Kok ada tiga Jenis? intel core i7 memang mengeluarkan tiga varian procienya. tapi ini termasuk sedikit dibanding dengan varian core 2 duo dan core 2 quad. prosesor ini menawarkan beberapa fitur baru, antara lain kendali memori yang terintegrasi dan moda Turbo baru. Hyperthreading juga muncul kembali, menambahkan empat inti virtual ke empat inti fisik yang ada di CPU Core i7.
Moda Turbo, yang disebut Dynamic Speed Technology, memungkinkan CPU untuk mematikan inti dan meningkatkan clock speed, yang bisa bermanfaat pada aplikasi-aplikasi lama yang membutuhkan megahertz lebih, bukan inti yang lebih banyak. Pada aplikasi muti-threaded, CPU akan menyeimbangkan beban di semua inti.
CPU baru ini memiliki 731 juta transistor dalam satu die berukuran 263 milimeter persegi. Semua prosesor Core i7 dirancang pada daya desain thermal 130 watt. Antarmuka Quick Path Interconnect menyediakan bandwidth 19,2 gigatransfer pre detik pada model 920 dan 940, dan 25,6 gigatransfer pada model Extreme Edition.
Betul-Betul 4 Inti
Intel Core i7 merupakan salah satu dari sejumlah prosesor buatan Intel yang memiliki arsitektur yang baru dibandingkan generasi sebelumnya. Prosesor ini diciptakan masih menggunakan transistor bermaterial hafnium dioxide (high-K) serta bermetal gate dengan fabrikasi 45nm. Dengan kata lain sama dengan yang digunakan Penryn, generai sebelumnya.
Sedikit menyegarkan ingatan, material hafnium dioxide (high-k) dapat menekan kebocoran arus. Hafnium dioxide diperkenalkan saat Intel merilis prosesor 45nm, Penryn, seperti Core 2 Duo “Wolfdale” dan Core 2 Quad “Yorkfield”. Bahkan Budi Wahyu Jati, Country Manager Intel Indonesia mengatakan bahwa, “Bahan ini pernah diusulkan untuk mendapatkan penghargaan Nobel karena menggunakan bahan material baru dalam membuat chip komputer.”
Karena masih menggunakan material yang telah digunakan pada generasi sebelumnya, di mana letak keunggunalan Nehalem? Meski Penryn menggunakan fabrikasi 45nm, namun desain yang digunakan mirip dengan desain prosesor generasi sebelumnya yang memanfaatkan 65nm. Peningkatan yang ada pada Penryn lebih pada fabrikasi 45nm beserta materialnya. Dalam hal kinerja per clock, Penryn tidak memberikan peningkatan yang jauh, meski dari segi core clock bisa lebih ditingkatkan. Nehalem sendiri merupakan suatu prosesor yang menggunakan desain baru, walaupun tetap menggunakan fabrikasi 45nm beserta material yang sama.
Hal ini sejalan dengan kebijaksanaan Intel yang menganut “tick-tock”. Tick berarti teknologi proses yang baru (45nm beserta materialnya), sementara tock berarti mikroarsitektur baru (Nehalem).
Saat ini, Nehalem memiliki 4 inti, namun nantinya ia akan memiliki inti yang lebih banyak lagi. Memang prosesor dengan 4 inti alias quad core bukanlah barang baru. Meskipun begitu, selama ini Intel memproduksi prosesor quad core-nya menggunakan teknik menggabungkan dua buah dual core pada satu kemasan. Nehalem yang telah diluncurkan Intel, keempat intinya terletak pada satu die. Dengan kata lain Nehalem tersebut merupakan native quad core processor alias benar-benar 4 inti.
Dengan arsitektur baru, Intel Core i7 diklaim mampu meningkatkan kamampuan komputasi hingga 40% tanpa memerlukan energi tambahan. Hal ini jelas menjadi nilai tambah, mengingat penghematan energi merupakan salah satu hal penting yang sedang digalakkan.
Budi Wahyu Jati menambahkan, bila dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat yang lebih cenderung membutuhkan komputernya untuk komunikasi, menonton video, dan sebagainya, prosesor ini memang terasa terlalu tinggi. Namun, pemakaian Intel Core i7 akan membuka kesempatan terciptanya aplikasi-aplikasi kreatif yang lebih canggih. Pemakaian Intel Core i7 sementara ini lebih ditujukan bagi industri kreatif seperti film, video editing, video game, serta aplikasi ekstrim lainnya. semoga saja harga core i7 cepet cepet turun, soalnya dah ngebet pengen jajal prosesor ini, kata orang di kaskus sih bilangnya ini prosesor emang oke punya. sekian dan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar